Selasa, 31 Januari 2012

POTRET KEHIDUPAN DIPINGGIRAN SUNGAI SEI GOHONG


 
Ini adalah sebuah potret kehidupan disalah satu kelurahan di Tangkiling, kota Palangkaraya, provinsi Kalimantan tengah. Salah satunya adalah diatas, tempat yang saya kunjungi yaitu Sei Gohong. Dari kejauhan atau dari sini kita dapat melihat Orang utan.. tapi bukan orang yang masuk kehutan yah.. lihat saja gambar diatas, potret orang utan, bukan orang hutan. Itu dilihat dari seberang loh.. asik kan… sempat terpikir dibenakku untuk naik perahu dan mengarungi sungai itu dan bertemu mereka secara langsung. Namun aku urungkan niat itu karena berhubung katanya orang utan tersebut sangat liar. Hmm jadi takut dech nyeberang sungai, ntar kalo eike kenapa-kenapa kan berabe urusannya..  tapi melihatnya dari kejauhan sudah terasa cukup, karena hati lega dapat melihatnya hidup bebas dialam, dimana sekarang Orang utan makin langka populasinya. Kita perlu melestarikannya.

 
Hmmm lanjut pada gambar berikutnya. Ada yang tahu tidak itu gambar apa? Hayo tebak..tebak.. ada yang tau? Cokelat? Hmm salah…Kue? Salah juga. Kayu? Juga bukan… lalu apa dong yah.. penasaran….?? Saksikan aja terus dipelototin benar-benar itu apa. Baunya sangat menyengat, kalau dipegang bisa lengket, dan sangat kenyal. Apakah itu? Yaaaaaaa…… You are rite .. ini adalah karet. Liat adja tuch jumlahnya sangat banyak. Karet ini didapatkan dari warga sekitar dari pohon karet, dan getah karet tersebut direndam dech dalam air, katanya sich biar mengurangi bau karet, dan biar harga karetnya juga jadi naik, karena kalo ditambah air kan jadi berat tuch. Ada juga dikatakan untuk mengawetkan karet. Hmm.. macam-macam yah. Karena harga karet mahal,maka warga sekitar memilih tinggal diatas tumpukan karetnya itu. Kalau karetnya tidak dijaga, bisa-bisa besok udah ga ada karet diatas tu air..hmmm lucu juga yah,,, tapi begitu lah apabila ada yang curang ataupun ingin keuntungan yang lebih tapi tidak ingin bekerja keras. Makanya tenda-tenda itu didirikan diatas apungan karet tersebut. Hmm.. yah sekali-kali berasa kaya dipantai gitu yah..sambil menikmati desiran angin sepoi-sepoi….wah…sesuatu banget yah…


tambak ikan warga
Kalau yang ini adalah tambak ikan warga sekitar, ikan dikeramba disini, sebagai salah satu penghasilan warga sekitar juga. Melalui penyuluhan, mereka berusaha menangkarkan ikan agar mereka mendapatkan penghasilan. Liat juga tuh penangkarannya.
Ternyata hidup didesa seperti ini membuat jiwa tenang dan aman yah, yah jalan-jalanku kali ini sekedar membuang kejenuhan dari hiruk pikuk dikota. Alam pedesaan sungguh menggoda, lebih berbaur dengan alam. Terasa asri, …tenang dan damai.. .

Tidak ada komentar: