Kamis, 06 Juni 2013

SIKLODEKSTRIN



Siklodekstrin (cycloamyloses) adalah kelompok senyawa yang terdiri dari molekul gula yang terikat bersama dalam cincin (siklik oligosakarida )dengan ikatan α-1,4. 
STRUKTUR SIKLODEKSTRIN
Siklodekstrin mengandung sejumlah monomer glukosa mulai dari enam sampai delapan unit dalam sebuah cincin, Cincin luar struktur siklodekstrin bersifat non polar(hidrofobik) sedangkan bagian dalam rongga bersifat polar (hidrofilik). Berdasarkan jumlah unit glukosa penyusun, Siklodekstrin terbagi menjadi tiga yaitu:

  • α-siklodekstrin: 6-beranggota cincin molekul gula
  • β-siklodekstrin: 7-beranggota cincin molekul gula
  • γ-siklodekstrin: 8-beranggota cincin molekul gula

Sifat Utama Siklodekstrin
Siklodekstrin
Massa
Diameter luar(nm)
Diameter rongga
Volume rongga (mL/g)
Kelarutan, g/kg H2O
Hidrat H2O
Tepi dalam
Tepi luar
Rongga
Luar
α,(glukosa)6
972
1,52
0,45
0,53
0,10
129,5
2,0
4,4
β,(glukosa)7
1134
1,66
0,60
0,65
0,14
18,4
6,0
3,6
γ,(glukosa)8
1296
1,77
0,75
0,85
0,20
249,2
8,8
5,4

SINTESIS SIKLODEKSTRIN
Siklodekstrin diproduksi dari pati dengan cara konversi enzimatik. Produksi siklodekstrin relatif sederhana. Siklodekstrin pada umumnya diproduksi dari pati menggunakan enzim siklodekstrin glikosil transferase (cyclodextrin glycosyltransferase / CGTase) pada proses konvensional ini, terlebih dahulu pati sebagai substrat dilakukan likuifaksi dengan atau tanpa enzim penghidrolisis dengan pemanasan, selanjutnya ditambahkan CGTase untuk sintesis pati terlikuifaksi menjadi siklodekstrin. Dengan proses seperti itu, biaya produksi sangat tinggi, dan penerapannya sangat terbatas.

PENGGUNAAN SIKLODEKSTRIN
1.      Pada industri farmasi digunakan untuk perbaikan sifat fisik, kimia dan biologi dari obat-obatan.
2.      Pada industri pangan dan kosmetika digunakan sebagai antioksidan dan perbaikan tekstur serta stabilitas flavor produk. Dalam produksi pestisida dan insektisida digunakan untuk meningkatkan kelarutan komponen kimia yang sulit larut dalam air
3.      Siklodekstrin dapat digunakan dalam perlindungan lingkungan: molekul ini secara efektif dapat melumpuhkan senyawa beracun dalam cincin mereka, seperti trikloroetana atau logam berat, atau dapat membentuk kompleks dengan zat yang stabil, seperti triklorfon (sebuah organofosfat insektisida) atau limbah lumpur, yang dapat meningkatkan dekomposisi mereka.
4.      Dalam industri makanan siklodekstrin yang digunakan untuk penyusunan kolesterol produk bebas adalah Alpha-, beta-, dan gamma-siklodekstrin semua umumnya diakui aman oleh FDA. Berat suplemen yang dipasarkan dari alpha-siklodekstrin yang mengklaim dapat mengikat lemak dan menjadi alternatif untuk obat anti-obesitas. Alpha-siklodekstrin digunakan sebagai emulsifier (Emulsifier atau zat pengemulsi adalah zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air.) dalam makanan dan kosmetik. Kabarnya siklodekstrin digunakan dalam alkohol bubuk, bubuk untuk mencampur minuman beralkohol. Kompleks beta-siklodekstrin dengan karotenoid pewarna makanan tertentu telah terbukti untuk meningkatkan warna, dan meningkatkan kelarutan air.
5.      Kemampuan siklodekstrin untuk membentuk kompleks dengan molekul hidrofobik telah menyebabkan penggunaannya dalam kimia supramolekul. Secara khusus mereka telah digunakan untuk mensintesis arsitektur molekul mekanis tertentu yang saling bertautan, seperti Rotaxanes dan Catenanes, dengan mereaksikan ujung tamu threaded. Photodimerization dari penggantian Stilbazoles, yang dibuktikan pada penggunaan g-siklodekstrin sebagai tuan rumah.















 





  

Tidak ada komentar: