Rabu, 07 Maret 2012

Resensi buku water chemistry


 


Judul Buku            :           Water Chemistry
Nama Penulis        :           Vernon L. Snoeyink & David Jenkins
Tahun terbit           :           1980
Cetakan ke           :           Pertama  (I)
No. ISBN             :           0471051969
Jumlah Hal.           :           480
Nama penerbit       :           Publisher; Wiley

            Penulis buku Water Chemistry ini yaitu Vernon L. Snoeyink dan David Jenkins ini masing-masing berasal dari university of Illinios, Urbana dan University of California, Berkeley. Buku water chemistry ini adalah buku terbitan pertama pada kimia air yang khusus menekankan pada kimia perairan alami dan tercemar serta pada kimia terapan air dan pengolahan air limbah. Buku ini menyediakan cakupan yang komprehensif dari reaksi kimia larutan asam basa, pembentukan kompleks, curah hujan dan pembubaran reaksi, serta reaksi oksidasi-reduksi.  
Buku ini mengasumsikan bahwa para pembaca akan memiliki latar belakang yang baik dalam kimia umum, dan sebagai tambahan pengetahuan dalam bidang analitis dan fisika kimia. Materi dalam teks  cocok diajarkan untuk mahasiswa lanjutan dan tingkat pertama pascasarjana, siswa di bidang teknik lingkungan dengan satu tahun dasar kimia sebagai latar belakang. Buku ini menyediakan cakupan yang terintegrasi kimia kinetik dan ekuilibrium prinsip serta berlaku untuk kimia air di kalangan luas, yaitu, untuk air alami dan tercemar dan air dan air limbah proses pengolahan.
Perhatian khusus diberikan terhadap efek dari temperatur dan ion kekuatan pada reaksi. Solusi grafis dari masalah keseimbangan ditekankan di seluruh buku ini dan diakhiri dengan diskusi rinci karbonat sistem.
Meskipun ditulis terutama untuk mahasiswa dan orang-orang yang saat ini bekerja di lingkungan atau rekayasa sanitasi, sebagian besar isinya juga menjadi nilai bagi kimiawan, ahli biologi, ekologi, dan geokimia.
Buku ini sangat cocok dibaca untuk mahasiswa kimia, karena Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris yang mudah dipahami dan dimengerti, tidak terlalu berbelit-belit. Keunggulan lainnya, buku ini terdapat contoh soal dan penyelesaiaannya disetiap materi yang disajikan, menggunakan Introduction pada setiap awal bab , menggunakan struktur molekul dan reaksi kimianya pada setiap pembahasan materi dan penjelasannya, sehingga lebih jelas dan mudah dipahami, dilengkapi dengan gambar pendukung dan tabel serta grafik, terdapat beberapa soal yang diberikan sebagai ulangan dari materi disertai dengan kunci jawaban dihalaman belakang buku dari soal yang terpilih sebagai acuan jawaban dari soal, dilengkapi dengan appendix data dan disertai dengan berbagai referensi di akhir bab, sebagai acuan materi yang lebih jelas, sehingga kita dapat mengetahui lebih banyak bahasan dengan mencari referensi yang sudah disediakan tersebut.
Kelemahan buku ini hanya saja terdapat pada covernya yang berwarna biru polos, sehingga kurang menarik dan isi dari buku tersebut berwarna hitam putih saja, sehingga menyulitkan  pembaca apabila gambar yang disajikan tersebut berhubungan dengan warna dalam penjelasannya. Pembaca  harus membaca semua tahap-tahap proses reaksi yang ada karena tidak ada kesimpulan diakhir paragraph untuk penjelasan reaksi yang singkat, sehingga dapat membuat pembaca jenuh atau bosan.
Tetapi jangan melihat sesuatu dari kelemahannya saja. Tersirat banyak manfaat dari buku ini, buku ini bagus sekali untuk dipelajari, karena bagi yang ingin mendalami tentang mengenai Water Chemistry atau Kimia Air ini sangat cocok untuknya. Buku terbitan Vernon dan David ini lengkap, serta dibantu dengan soal-soal yang ada memudahkan kita untuk memahami materi yang ada. Kemudian cara pengukuran pH dalam buku ini juga sangat berguna sekali bagi kehidupan kita. Karena dari situ kita dapat mengetahui pada pH berapa air tersebut dapat dikonsumsi.
Kesimpulan dari buku ini adalah, buku ini sangat baik untuk mahasiswa yang menyelesaikan studinya di Sarjana ataupun Pasca Serjana. Mudah untuk dipahami dan penjelasan yang dipaparkan dalam buku ini sangat bagus.

Tidak ada komentar: