Minggu, 20 November 2011

Hari Raya Saraswati




S
ekedar info ni guys… hari ini adalah tanggal 19 November, yang mana hari ini adalah Hari bagi orang umat Hindu. Senang banget rasanya bisa bertemu dengan hari ini lagi.
            Hari Saraswati ini adalah Hari dimana turunnya ilmu pengetahuan lo.. disini Umat Hindu mengenal adanya Dewi Saraswati itu. Saraswati adalah Dewi yang di puja oleh agama Hindu, merupaka sakti / istri dari Dewa Brahma ( Dewa Brahma adalah dewa yang menciptakan alam semesta ).Dewi Saraswati itu adalah dewi yang sangat cantik. Dia selalu dikenal karena selain kecantikannya, dia juga adalah Dewi yang pintar, karena membawa ilmu pengetahuan ke muka bumi ini.
            Hari raya Saraswati ini selalu diperingati oleh umat Hindu dimuka Bumi. Dimana Hari raya ini jatuh setiap enam bulan sekali, atau 2 kali dalam setahun. Hari saraswati ini dirayakan pada hari sabtu umanis, menurut tanggalan kelender Bali. Kelender Bali sendiri sudah dibuat dan sudah lulus uji lho secara akademis oleh Universitas Hindu Indonesia. Jadi kebenarannya tidak diragukan lagi.
            Biasanya bila hari Saraswati tiba umat ada juga yang berpuasa, karena dalam rangka mensyukuri apa yang telah diberikan. Dalam artian disini puasa tidak makan dan minum serta menahan hawa nafsu saja selama 1 hari. Berbeda halnya dengan puasa dalam Hari raya Nyepi. Apabila hari raya Nyepi biasanya dilakukan puasa selama 24 jam, tidak makan,tidak minum,tidak melaksanakan aktivitas, tidak boleh menyalakan api, tidak boleh ribut ataupun gaduh. Namanya juga nyepi, dan pasti sepi.  Mereka melakukan Catur Brata penyepian. Benar-benar sunyi.
Umat Hindu biasanya juga  melaksankan persembahyangan dipura masing-masing atau pura terdekat. Tidak menutup kemungkinan bisa saja hanya dirumah apabila sedang sakit. Tuhan kita tidak memaksakan umatnya untuk bersembahyang harus pada pura yang ditunjuk. Sekecilpun  pura didalam hati akan bisa menjadi besar apabila kita selalu melaksanakan sesuatu dengan seikhlas mungkin dan dengan senang hati, tanpa paksaan. Apabila sesuatu yang dipaksakan juga ga baik lho..  

Tidak ada komentar: