Kamis, 28 Februari 2013

RPP KIMIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                   Satuan Pendidikan                     :  SMA  Negeri X Palangka Raya
                   Mata Pelajaran                          :  Kimia
                   Kelas/Semester                         :  Kelas X/ Semester I
                   Pokok bahasan                          :  Perhitungan Kimia
                   Subpokok bahasan                    :   Pereaksi Pembatas
                   Alokasi Waktu                           :  2 x 45 menit


Standar Kompetensi  :
2.    Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi dasar :
            2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep  mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

 Indikator :
A.    Kognitif
1.         Produk
1.        Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi.
2.        Menentukan mol zat pereaksi yang tersisa.
3.        Menentukan massa zat pereaksi yang tersisa.
4.        Menentukan mol zat yang terbentuk.
5.        Menentukan massa zat yang terbentuk.
2.         Proses
1.        Mendiskusikan tentang konsep pereaksi pembatas.
2.        Merumuskan kesimpulan dari hasil diskusi pereaksi pembatas.
B.     Afektif
1.         Karakter
a.         Jujur
b.        Tekun
c.         Tanggung jawab
d.        Cermat
e.         Disiplin

2.         Keterampilan sosial
a.         Bertanya
b.        Menjawab pertanyaan
c.         Kerjasama antara anggota kelompok
d.        Mengajukan ide atau pendapat

I.              Tujuan Pembelajaran:
A.  Kognitif
1.        Produk
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan :
1.    Siswa dapat menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi dengan mol suatu senyawa sudah diketahui.
2.         Siswa dapat menentukan mol zat pereaksi yang tersisa dengan mol mula-mula dan bereaksi diketahui.
3.         Siswa dapat menentukan massa zat pereaksi yang tersisa dengan mol pereaksi yang tersisa diketahui.
4.         Siswa dapat menentukan mol zat yang terbentuk dengan mol pereaksi diketahui.
5.         Siswa dapat menentukan massa zat yang terbentuk dengan mol yang terbentuk diketahui.
2.        Proses
1.    Siswa bersama dengan kelompoknya mendiskusikan tentang konsep pereaksi pembatas.
2.         Siswa bersama dengan kelompoknya merumuskan kesimpulan dari hasil diskusi pereaksi pembatas.
B. Afektif
1.        Karakter
a.         Jujur dalam menampilkan data pereaksi pembatas
b.         Tekun dalam mengerjakan soal pereaksi pembatas
c.         Tanggung jawab dalam hasil jawaban yang dikerjakan.
d.        Cermat dalam mengerjakan soal pereaksi pembatas.
e.         Disiplin dalam mengerjakan soal pereaksi pembatas.

2.        Keterampilan sosial
a.         Bertanya mengenai materi yang berhubungan dengan pereaksi pembatas.
b.         Menjawab pertanyaan dari teman atau guru mengenai pereaksi pembatas.
c.         Kerjasama dalam diskusi mengerjakan soal LKS pereaksi pembatas.
d.        Mengajukan ide atau pendapat mengenai materi pereaksi pembatas.

II.      Materi Pembelajaran:
·      Pereaksi pembatas adalah zat yang jumlah partikelnya habis terlebih dahulu sehingga mengakibatkan reaksi terhenti.
·      Pereaksi pembatas berguna untuk menghitung jumlah pereaksi yang tersisa.
·      Cara menentukan pereaksi pembatas adalah :
1.    Menuliskan persamaan reaksi yang telah disertakan.
2.    Menentukan jumlah mol setiap pereaksi.
3.    Bagi mol setiap pereaksi dengan koefisien reaksinya. Dimana hasil bagi mol per koefisien terkecil merupakan pereaksi pembatas dan hasil bagi mol per koefisien lainnya merupakan pereaksi yang tersisa.
4.    Menggunakan mol pereaksi pembatas sebagai patokan untuk menghitung jumlah pereaksi yang habis, jumlah pereaksi yang tersisa dan jumlah zat hasil reaksi yang terbentuk.

III.    Metode, dan Model Pembelajaran
a)        Model Pembelajaran          :   Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
b)        Metode pembelajaran        :    Diskusi
                                                      Tanya jawab
                                                      Pemberian tugas
III.        Sintak / Langkah – langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal
10 menit
·     Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan mengawali berdoa bersama, dan memeriksa kehadiran siswa,

·     Guru memeriksa perangkat pelajaran
·     Guru memberikan apresepsi tentang pereaksi pembatas seperti bertanya berkaitan dengan  materi minggu lalu yaitu penentuan koefisien reaksi, siswa dengan rasa tanggung jawab memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan tersebut.
·     Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan  tujuan pembelajaran tentang pereaksi pembatas.
2.
Kegiatan Inti :
60 menit
1.      Tahap Eksplorasi
·     Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang  pereaksi pembatas.
·      Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok secara heterogen, setiap kelompok terdiri dari  4-5 orang siswa
·     Setelah itu, guru membagikan LKS pereaksi pembatas kepada tiap kelompok.










    


  

2.      Tahap Elaborasi
·      LKS yang diberikan dikerjakan secara diskusi dalam kelompoknya masing – masing dan memberi batas waktu untuk menjawab LKS tersebut.
·      Guru meminta salah satu perwakilan dari tiap kelompok untuk menulis jawaban LKS nya di Carta yang sudah ditempelkan pada papan tulis, serta mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan menjelaskan hasil diskusinya mengenai materi pereaksi pembatas.

·      Untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan tidak membosankan bagi siswa, beberapa siswa diminta untuk maju kedepan mengisi bagian yang kosong dari peta konsep yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Tahap Konfirmasi
·      Guru menambahkan penjelasan dari perwakilan kelompok tadi apabila terdapat kekurangan.
·      Siswa dipersilahkan bertanya apabila masih ada yang kurang di pahami dalam diskusi tentang pereaksi pembatas.
·     Guru mengajak siswa untuk bersama – sama menyimpulkan materi pereaksi pembatas yang sudah di pelajari



   
3.
Kegiatan Penutup :
20 menit
·     Guru melakukan penilaian / tes hasil belajar dan pemberian tugas yaitu evaluasi pemahaman konsep pereaksi pembatas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.
    
  
·      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk belajar di rumah mengenai materi yang akan dibahas selanjutnya yaitu materi penentuan kadar zat.
·      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

IV.      Media Pembelajaran
1.    Buku
2.    Papan tulis
3.    Carta

V.         Sumber Belajar
a.       Buku Kimia SMA kelas X, Penerbit: Yudhistira.
b.      Buku Kimia untuk SMA / MA Untuk kelas X, Penerbit: CV HaKa MJ
c.       Buku Kimia dan Kecakapan Hidup untuk SMA / MA kelas X, Penerbit : Ganeca
VI.      Perangkat pendukung pembelajaran
a.       LKS 
b.   Soal test evaluasi

Tidak ada komentar: