Jumat, 25 Oktober 2013

Tata tertib permainan ular tangga :






Syarat sebelum mengikuti permainan :
1.      Membuat kelompok 7-8 orang  untuk 1 kelompok.
2.      Masing-masing kelompok membawa dadu kecil 1 buah dan anakan untuk main, masing-masing orang membawa 1.
3.      Membuat papan kelompok masing-masing (Bertuliskan kelompok ke berapa dan nama panggilan kelompok) , dibuat sekreatif mungkin dan masing-masing orang pada setiap kelompok membuat no dada sekreatif mungkin (Diurutkan dari 1 – 7). Papan kelompok dan nomor dada dikumpul untuk menambah point.
4.      Kalau tidak mengikuti prasyarat diatas tidak dapat mengikuti permainan dalam artian skor = 0/ point = 0,
5.      Kelompok terbaik akan mendapatkan Reward/Hadiah/Penghargaan, dimana kelompok  terbaik ditentukan dari jumlah point yang didapatkan oleh setiap individu yang dijumlahkan dalam setiap 1 kelompok.
Pada saat mengikuti permainan :
1.      Peserta mengikuti permainan dengan aktif.
2.      Apabila ada hal yang kurang jelas selama permainan segera ditanyakan pada guru.
3.      Didalam permainan ular tangga ini, terdapat kartu kesempatan(!) dan kartu soal(?) yang bisa didapatkan siswa untuk menambah point atau pointnya berkurang.
4.      Setiap kelompok mendapat kartu soal yang berbeda, sehingga siswa tidak dapat mencontek kelompok sebelah.
5.      Kartu soal (?) merupakan soal yang harus dijawab oleh siswa yang bersangkutan. Untuk mempermudah, siswa diberikan handout untuk menjawab soal. Apabila benar mendapatkan point 10.
6.      Kartu kesempatan merupakan sejumlah kartu dimana setiap pemain akan mendapatkannya apabila telah naik tangga, dimana dalam kartu kesempatan terdapat beberapa pilihan kartu yang harus dipilih oleh siswa yang bersangkutan.
7.      Ketua kelompok bertanggung jawab mengawasi permainan, apabila ada peserta yang curang segera dilaporkan, dan didiskualifikasi (peserta yang bersangkutan segera berhenti bermain)
8.      Permainan dilaksanakan sampai jam pelajaran berakhir.

Pada saat bermain ular tangga :
1.      Permainan dimulai dengan menguncang dadu terlebih dahulu untuk mendapatkan urutan bermain, setelah mendapatkan urutan, nomor dada yang dibuat tersebut dipasang berdasarkan urutan memainkan ULAR TANGGA.
2.      Permainan dimulai dari start,
3.      Apabila ada tanda ?(tanda Tanya) maka siswa memilih dari kartu dengan gambar ?(tanda Tanya). Dimana tanda tersebut menandakan siswa mendapatkan kartu soal yang wajib dijawab untuk mendapat point. 1 kartu soal mendapatkan point 10 apabila jawabannya benar.
4.      Apabila ada tanda kotak hadiah, maka siswa memilih dari kartu dengan gambar kotak hadiah (kartu kesempatan). Dimana kartu kesempatan tersebut sebelumnya dikocok dan diambil dari atas, setelah itu ikuti petunjuk yang ada.
5.      Pada setiap kegiatan, setiap siswa dalam kelompok menuliskan apa yang dilakukannya pada lembar monitoring siswa sesuai dengan setiap kartu yang didapatkan.
6.      Ikuti perintah yang ada pada setiap bilik/kolom ular tangga.
7.      Peserta yang telah mencapai finish mendapat point 50 apabila telah menjelaskan salah satu kalimat kunci yang terdapat pada papan ular tangga.
Peserta yang telah mencapai Finish boleh mengikuti permainan kembali, dimulai dari awal (start).

Tidak ada komentar: