Syarat sebelum
mengikuti permainan :
1.
Membuat kelompok 7-8 orang untuk 1 kelompok.
2.
Masing-masing kelompok membawa
dadu kecil 1 buah dan anakan untuk main, masing-masing orang membawa 1.
3.
Membuat papan kelompok
masing-masing (Bertuliskan
kelompok ke berapa dan nama panggilan kelompok) , dibuat
sekreatif mungkin dan masing-masing orang pada setiap kelompok membuat no dada
sekreatif mungkin (Diurutkan dari 1 – 7). Papan kelompok dan nomor
dada dikumpul untuk menambah point.
4.
Kalau tidak mengikuti prasyarat
diatas tidak dapat mengikuti permainan dalam artian skor = 0/ point = 0,
5.
Kelompok terbaik akan
mendapatkan Reward/Hadiah/Penghargaan, dimana kelompok terbaik ditentukan dari jumlah point yang
didapatkan oleh setiap individu yang
dijumlahkan dalam setiap 1 kelompok.
1.
Peserta mengikuti permainan dengan
aktif.
2.
Apabila
ada hal yang kurang jelas selama permainan segera ditanyakan pada guru.
3.
Didalam permainan ular tangga ini, terdapat kartu kesempatan(!) dan kartu soal(?) yang bisa didapatkan siswa untuk menambah point
atau pointnya berkurang.
4.
Setiap kelompok mendapat kartu
soal yang berbeda, sehingga siswa tidak dapat mencontek kelompok sebelah.
5.
Kartu soal (?) merupakan soal yang
harus dijawab oleh siswa yang bersangkutan. Untuk mempermudah, siswa diberikan
handout untuk menjawab soal.
Apabila benar mendapatkan point 10.
6.
Kartu kesempatan merupakan
sejumlah kartu dimana setiap pemain akan mendapatkannya apabila telah naik
tangga, dimana dalam kartu kesempatan terdapat beberapa pilihan kartu yang harus dipilih oleh siswa yang bersangkutan.
7.
Ketua kelompok bertanggung jawab
mengawasi permainan, apabila ada peserta yang curang segera dilaporkan, dan
didiskualifikasi (peserta yang bersangkutan segera berhenti bermain)
8.
Permainan dilaksanakan sampai jam
pelajaran berakhir.
Pada saat
bermain ular tangga :
1.
Permainan dimulai dengan
menguncang dadu terlebih dahulu untuk mendapatkan urutan bermain, setelah
mendapatkan urutan, nomor dada yang dibuat tersebut dipasang berdasarkan urutan
memainkan ULAR TANGGA.
2.
Permainan dimulai dari start,
3.
Apabila ada tanda ?(tanda Tanya) maka siswa
memilih dari kartu dengan gambar ?(tanda
Tanya). Dimana tanda tersebut menandakan siswa mendapatkan kartu soal yang wajib dijawab untuk mendapat point. 1 kartu soal mendapatkan point 10
apabila jawabannya benar.
4.
Apabila ada tanda kotak hadiah, maka siswa
memilih dari kartu dengan gambar kotak
hadiah (kartu kesempatan). Dimana kartu kesempatan tersebut sebelumnya dikocok dan diambil dari atas, setelah itu ikuti
petunjuk yang ada.
5.
Pada setiap kegiatan, setiap siswa
dalam kelompok menuliskan apa yang dilakukannya pada lembar monitoring siswa sesuai dengan setiap kartu yang
didapatkan.
6.
Ikuti perintah yang ada pada
setiap bilik/kolom ular tangga.
7.
Peserta yang telah mencapai finish mendapat point 50 apabila telah menjelaskan salah satu kalimat kunci yang
terdapat pada papan ular tangga.
Peserta yang telah
mencapai Finish boleh mengikuti permainan kembali, dimulai dari awal (start).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar