Senin, 12 Desember 2011

Seminar anti narkoba


      Pemuda remaja anti narkoba atau yang disingkat PREMAN. sepenggal kata namun memiliki arti. kayanya keren juga tuch yah.. secara preman kayanya identik dengan kehidupan sehari-hari. bukan mengasumsikan bahwa preman identik dengan narkoba. satu kata namun bermakna dan memiliki arti tersendiri. 
Itulah salah satu acara yang diselenggarakan oleh pihak kampus yang bekerja sama dengan BNK(Badan Narkotika Kota) Palangkaraya dan PMI ( Palang Merah Indonesia) Palangkaraya. itung-itung acara yang aku ikutin hari itu sangat bermanfaat bagiku. daripada membuang waktu dengan percuma.
(foto narasumber)

       Acara yang aku ikuti pada hari sabtu tanggal 3 desember 2011 di aula palangkaraya ini mengambil tema " Sosialisasi dan Pencegahan Terwujudnya Mahasiswa Universitas Palangkaraya yang Intelektual dan Bebas Narkotika". tema kali ini mendalam banget nich khusunya bagi mahasiswa kaya aku. Kali ini narasumber kita dalam acara tersebut yaitu pak H. Maryono, S.Hi selaku perwakilan dari badan BNK Palangkaraya, dr. Mulin R. Simangunsong, M.Kes selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dan yang terakhir yaitu seorang narasumber yang paling muda diantaranya dan masih lajang yaitu Ronald Ambocius, S.Th.
(foto peserta)


    Setiap narasumber  menyampaikan materinya masing-masing. dengan sangat antusias para peserta menyaksikan acara tersebut. terlihat dari raut wajah mereka yang serius itu.(may be.hehehehe). contohnya aku juga(cie..aku). lagi semangatnya mecatat dan menerima segala penjelasan dari sang narasumber kami.





  Dimana sekarang ini diera globalisasi peredaran narkoba itu ibarat kodok dimusim hujan. tidak hanya ditempat hiburan saja nich. disekolah, ditempat umum dan dimana saja, narkoba ini bisa saja terus terjadi peredaranya. tidak tau siapa pelaku awalnya. negara Indonesia yang terkenal dengan kebun ganjanya yaitu Aceh pun tidak tau siapa pemilik ladang tersebut. Karena menurut cerita ahli narasumber kita, mereka melakukan penanaman ganja secara sembunyi, agar pelaku yang bersangkutan tidak tertangkap. hal unik yang dilakukan salah satunya yaitu. mereka menyebarkan benih ganja tersebut di kebun mereka yang jauh dari keramaian ditengah hutan sana, mereka dengan sengaja menaburkan bibit tersebut, dan setelah itu mereka tinggalkan. karena ganja sangat mudah sekali hidupnya. beberapa dari bibit, satu atau dua biji ditanam didalam pot dirumah sebagai patokan bahwa apabila yang dirumah sudah siap panen, mereka akan balik kekebun tersebut. sehingga tidak tau kalau kebun tersebut milik mereka. sungguh miris....
   Narkoba adalah suatu zat yang apabila dikonsumsi diluar dari dosis akan mempengaruhi fisik/ psikologis. Lalu apa sich penyebab dari kita mengkonsumsi narkoba???. beberapa penyebab yang ditimbulkan adalah rasa senang dalam diri, dapat tampil percaya diri, dapat berkhayal(halusinasi0 dan sebagai penenang jiwa.
namun mengkonsumsi narkoba ini akhirnya akan menjadi kecanduan. karena kalau ga mengkonsumsi itu pasti badan akan sakit-sakit semua. sikorban pun bisa marah-marah ga jelas loh kalau ga dikasih obat tersebut.
   Beberapa penyebab dari mengapa orang dapat mengkonsumsi narkoba yaitu karena salah satunya faktor lingkungan. mungkin awalnya dia hendak mengikuti trend artis yang terkenal ataupun artis idolanya, pengaruh dari pergaulan teman, hasutan teman sangat berbahaya karena menurutnya orang yang ga mengkonsumsi obat tersebut ga jantan(atau ga merasa laki-laki). kurang perhatian dari orang tua. ada masalah dikeluarganya dan masih banyak yang lainnya.
    sehingga akibat dari kelakuan sikorban ini sangat mempengaruhi lingkungan dan dirinya sendiri. yaitu kebodohan, ketidak mampuan, menjadi miskin, perasaan tidak aman dilingkungan. tertindas, bahkan bisa menjadi kematian bagi korban yang bersangkutan.
   untuk itu bagaimana sich agar kita dapat terhindar dari narkoba??
berikut kiat-kiat untuk menghindarinya :
1. dapatkan informasi mengenai dari koran dan majalah.
2. persiapkan mental untuk menolak jika ditawarkan.
3. belajar berkata tidak kalau mendapatkan tawaran "NARKOBA"
4. milikilah cita-cita hidup yang kuat sebagai pegangan hidup untuk maju.
5. lakukan kegiatan positif yang sekira dapat terhindar dari narkoba dan menolong kamu supaya lebih PD.

   Selain itu agar tidak terjerumus narkoba, dilakukan pendekatan kognitif dari orang tua, sekolah, dan guru. pendekatan kognitif merupakan pendekatan yang mencoba mengurangi persepsi negatif tentang diri sendiri, dengan cara mengubah kesalahan berpikir. selanjutnya mengajarkan cara pengendalian. Namun jika anak sudah terlanjur terlibat narkoba maka sebaiknya orang tua tidak meninggalkan mereka dalam upaya penyembuhan sendiri, tetapi harus terlibat sepenuhnya, agar pecandu merasa mendapatkan dukungan.
   Dan berikut 8 Tipe yang perlu dijauhi :
1. memelihara masa lalu
   orang ini hidup dengan kemarahan dan kepahitan karena susah melepaskan masa lalunya, dan akan mempengaruhi orang yang berada disekitarnya.
2. mengasihani diri sendiri.
  tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada orang yang merasa menanggung beban seluruh dunia. solusi : tawarkan bantuan dan jika masih tidak mau, maka jauhi..
3. munafik.
 didepan anda dia muncul sebagai orang yang manis, tetapi dibelakang bersikap sebaliknya. ini perlu dijauhi.
4. selalu negatif.
  dia adalah orang yang selalu memandang negatif dari hidup mereka. solusi : bantulah mencari sisi positif jika tidak mau menerima, jauhi saja.
5. paling sempurna
  orang tipe ini biasanya tidak mau menerima pendapat orang lain dan selalu pendapatnya yang benar, hanya bisa mengkritik kesalahan orang lain tetapi tidak memandang kearahnya lagi.
6. bangga mengumbar rahasia.
mereka sangat bangga menceritakan kehidupan orang lain dan sangat senang melinatkan banyak orang dalam perdebatannya.
7. frustasi
  orang ini merasa frustasi pada hidupnya dan melampiaskannya pada orang lain
8. sang komentator
orang ini sering mengomentari semua yang terjadi dalam kehidupan orang lain. sering kali perkataan mereka menimbulkan perkelahian.

  So, dah tau kan bagaimana bahayanya narkoba bagi kehidupan kita? masih pengen mengkonsumsinya??? jangan yah..Say NO TO DRUGS.... katakan itu pada diri kalian. jangan sampai narkoba merusak asa depan kita semua...
( foto setelah acara seminar)









 

Tidak ada komentar: